Koperasi Pinjaman Uang di Medan

January 18, 2019
Koperasi Pinjaman Uang di Medan - Tempat meminjam uang  bukan hanya di bank. Selain itu bisa melalui perusahaan fintech yang berbasis teknologi, koperasi juga bisa menjadi tempat anda meminjam uang. Ketahui cara pinjam uang di koperasi berikut.

Koperasi Pinjaman Uang di Medan
Koperasi Pinjaman Uang di Medan


Siapa yang tak mengenal koperasi?
Awal dibentuk, koperasi hanya fokus kepada anggota koperasi saja, baik dalam hal simpanan maupun pinjaman. Tetapi, kini pada perkembangan selanjutnya demi mengikuti kebutuhan persaingan usaha, koperasi juga menyediakan produk pinjaman yang dikhususkan bagi para anggota dan juga bahkan non anggota. Hal Ini tentu menjadi keuntungan lebih bagi masyarakat banyak.

Permasalahan finansial sering kali dirasakan oleh masyarakat. Kebutuhan finansial tidak hanya mencakup kebutuhan hidup sehari-hari melainkan kebutuhan-kebutuhan lain seperti kebutuhan pendidikan, biaya asuransi kesehatan, kredit, dan sebagainya.

Bunga Bank Adalah Riba. Riba Merupakan dosa Besar! Jauhi!

Mau jauh dari bunga bank?
Baca trik ini:


Cara mendapatkan pinjaman yang syariah dan bebas riba!

Terkadang ada saja masalah keuangan yang tiba-tiba datang sehingga mengharuskan anda untuk berhutang kepada teman, kerabat ataupun kepada lembaga-lembaga keuangan seperti koperasi. Ya, meminjam uang di koperasi bisa menjadi cara yang tepat dan cepat mengatasi hal ini. Mau tahu bagaimana cara meminjam dana di koperasi? Yuk, simak cara mendapatkan pinjaman uang di koperasi beserta syarat-syaratnya!



Syarat Pinjam Uang Di Koperasi

Sebelum mengetahui cara pinjam uang di koperasi, ada baiknya anda ketahui syarat pinjamnya. Supaya anda bisa menyiapkan dan mengambil langkah apa saja yang diperlukan untuk pinjam uang di koperasi. Apa saja syaratnya?



1. Berstatus sebagai calon anggota koperasi atau anggota koperasi;
2. Mengisi lembaran formulir pinjaman;
3. Menyerahkan FotoCopy KTP suami-istri jika sudah menikah;
4. Menyerahkan FC KK, rekening listrik, slip gaji dan juga Agunan.


Nah, melihat syarat tersebut, tentu pertama anda harus mendaftarkan diri menjadi anggota koperasi, ya. Setelah melengkapi syarat umum di atas, maka anda sebagai anggota tinggal mengikuti langkah selanjutnya, yaitu :



Melengkapi berkas pengajuan dana pinjaman dengan cara mengajukan proposal tujuan penggunaan dana, contohnya yaitu untuk modal usaha atau lainnya;

Pegawai koperasi nantinya akan mempertimbangkan proposal pinjaman anda sesuai dengan prosedur pinjaman yang telah ditentukan;

Jika pengajuan pinjaman yang anda ajukan disetujui, maka proses pencairan pinjaman dan lama pengembalian akan disesuaikan berdasar kesepakatan yang dituangkan dalam akad pinjaman koperasi tersebut.



Prinsip Dasar Koperasi Simpan Pinjam

Informasi selanjutnya yang kemu perlu ketahui ialah mengenai prinsip dasar koperasi simpan pinjam. Seperti apa prinsip dasarnya? Yuk simak....


Membayar simpanan pokok yang pertama kali oleh anggota koperasi dan hanya sekali saja

Simpanan wajib yang dibayarkan oleh anggota setiap bulannya

Simpanan sukarela yang hampir mirip dengan tabungan, jumlah dan waktu simpanan tidak ditentukan

Dana cadangan sisa hasil usaha yang tidak dibagikan ke anggota namun digunakan untuk menambah modal usaha koperasi

Modal pinjaman yang diberikan oleh pengurus koperasi ke pada pihak lain seperti bank, atau lembaga penyalur dana lainnya

Dana Hibah yang diberikan oleh orag lain kepada koperasi

Dengan mengetahui prinsip tersebut anda akan semakin mudah mengetahui sekilas tentang gambaran koperasi dan alur dalam proses selanjutnya.



Cara Pinjam Uang Di Koperasi

Setelah memenuhi syarat pinjam uang di koperasi, kini saatnya untuk mengetahui cara pinjam uang di Koperasi. Apa saja caranya?


Melalui Contact Person Marketing Koperasi
Cara pinjam uang di koperasi yang pertama yaitu bisa dengan menghubungi contact person marketing koperasi. Anda juga bisa mendapatkan contact personnya dengan menelpon nomor kantor koperasi atau melalui teman. Setelah menyimpan kontak tersebut anda bisa menghubunginya untuk konfirmasi akan melakukan transaksi. Jika tidak ada contact person yang dapat dihubungi, anda bisa mengunjungi kantor koperasi yang menurut Anda memiliki kredibilitas dan loyalitas tinggi dalam melayani pelanggan.


Sampaikan Tujuan Dan Niat Pinjam Uang
Cara kedua ialah dengan menyampaikan tujuan dan niat. Anda dapat menanyakan langsung informasi mengenai cara meminjam uang di koperasi simpan pinjam itu kepada customer service. Untuk melakukan peminjaman pertama kali di koperasi tersebut, maka pihak koperasi akan memberikan batas peminjaman yang cukup kecil yaitu sekitar 500.000 hingga 1.000.000 rupiah. Namun jika anda sudah pernah beberapa kali melakukan transaksi peminjaman dan anda memiliki track record yang baik, maka koperasi akan menaikkan limit pinjaman menjadi lebih tinggi sebab dalam kasus ini koperasi akan mendapatkan untung dari angsuran yang anda bayarkan. Jadi, masalah komunikasi, pemahaman dan track record menjadi catatan yang sangat penting.


Data Administrasi
Sama halnya dengan persiapan berkas dalam syarat pinjam uang di koperasi. Anda perlu siapkan foto kopi data administrasi yang dibutuhkan oleh pihak koperasi yaitu KTP dan KK dengan alamat domisili yang tercantum dengan jelas. Jangan lupa untuk bertanya kepada petugas mengenai petunjuk lain atau syarat lainnya yang dibutuhkan. Intinya anda perlu aktif.

Melalui Rekomendasi
Mungkin anda bertanya-tanya, kok cara pinjam uang di koperasi melalui rekomendasi? Jadi, jika saat meminjam dana di koperasi anda mendapatkan rekomendasi dari teman atau kerabat yang memiliki track record yang baik, maka besar kemungkinan pinjaman yang diajukan akan segera dicairkan. Gunanya rekomendasi ini sebenarnya untuk memudahkan. Namun, jika anda datang tanpa rekomendasi siapapun, anda harus bersabar terlebih dahulu untuk menunggu proses pencairan dana yang memakan waktu beberapa hari.


Proses Pencairan Dana
Pencairan dana adalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Dari total 100% dana yang anda ajukan, anda akan mendapatkan 90% saja dan sisa 10%-nya dimasukkan ke dalam tabungan. Potongan tersebut dapat diambil saat anda melakukan pelunasan. Anggap saja persentase tersebut adalah modal ditanam yang akan kembali lagi pada anda . Nah, ini penting anda ketahui di awal supaya tidak bingung masalah pencairan dana nantinya.


Proses Mengangsur Pinjaman
Setelah pencairan dana selesai, terkadang tahapan yang paling sulit ialah melakukan kredit di koperasi adalah proses angsuran bulanan. Sebagian besar koperasi simpan pinjam memberikan bunga cicilan cukup tinggi utamanya untuk kredit dengan tenor singkat selama 1-3 bulan saja. Bunga tersebut bahkan bisa mencapai 30%. Jadi, ketahui juga lebih awal mengenai hal ini jangan sampai anda tidak tahu nantinya.


Mencari Alternatif Lain
Berhutang bisa menjadi jalan keluar yang bisa buruk namun bisa juga baik tergantung dari kondisi anda. Akan tetapi hutang bukanlah solusi utama apalagi jika harus berhubungan dengan penyedia jasa peminjaman dana dengan bunga yang sangat tinggi bahkan bisa mencekik.


Jika anda masih memiliki aset berharga seperti perhiasan untuk dijual, akan lebih baik jika anda menjualnya atau megggadaikannya untuk menghindari kemungkinan berhutang. Selain itu perbanyaklah berdoa agar anda tidak mudah tergiur dan membelanjakan dana untuk kebutuhan yang tidak penting. Usahakan lebih banyak menabung/bersedekah untuk mengantisipasi kebutuhan mendadak di masa mendatang sebab rejeki itu datang dari arah yang tidak disangka-sangka.


Setelah mengetahui berbagai informasi penting di atas, mulai dari syarat pinjam, prinsip dasar hingga cara pinjam uang di koperasi, anda tentu lebih paham bukan? Semoga uraian tersebut semakin membuat anda makin mudah dalam menentukan dan mendapatkan pinjaman untuk keperluan sesuai dengan kebutuhan, terutama dengan melalui koperasi.



Bunga Bank Adalah Riba. Riba Merupakan dosa Besar! Jauhi!

Mau jauh dari bunga bank?
Baca trik ini:

Cara mendapatkan pinjaman yang syariah dan bebas riba!

Related Posts

Previous
Next Post »

0 comments